5 Tips Penting Saat Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

by -277 views
investasi saham untuk pemula || Perdananews Finance

Perdananews Finance – Saham saat ini menjadi investasi menggiurkan oleh banyak orang. Menghasilkan profit besar, tanpa bersusah payah menguras tenaga. Namun, bermain saham tidak semudah yang dipikirkan dan dibayangkan. Bagi Anda yang baru ingin memulai, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu mengenai investasi saham untuk pemula. Bagaimana mengawalinya, mengenal istilah-istilahnya, dan mempelajari pengalaman orang lain.

Belajar investasi saham untuk pemula saat ini tidak susah. Perkembangan teknologi memungkinkan Anda mempelajari dengan cepat mengenai ilmu ini. Bisa melalui searching Google, Youtube, ataupun mengikuti kursus-kursus online. Tinggal tekad saja lagi yang dibutuhkan untuk memulai hal ini.

Tips Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

10 Cara Belajar Main Saham Terbaik untuk Pemula Mulai Investasi | Qoala  Indonesia

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara memulai investasi saham, ada baiknya mengenal saham itu sendiri. Saham adalah sebuah dokumen berharga yang menyatakan kepemilikan perusahaan oleh seseorang

Dalam artian, saat Anda melakukan pembelian saham, nama Anda juga tercatat sebagai pemiliknya. Hanya saja, menyesuaikan dengan porsi pembelian saham yang dimiliki. Dengan memiliki saham, Anda memiliki hak atas aset dan juga keuntungan/kerugian dari yang diterima perusahaan.

Untuk Anda yang sudah memantapkan diri untuk terjun ke investasi saham, tips berikut bisa jadi pertimbangan untuk memulai.

Belajar investasi saham

Ya, belajar saham sebelum terjun ke investasi ini sangat penting bagi seorang pemula. Ada banyak teori yang telah dibagi oleh orang. Baik dilakukan secara langsung, melalui buku, website dan Youtube. 

Serap semua ilmu yang dibutuhkan mengenai dunia saham. Pelajari dengan lebih seksama. Ikut bergabung dalam komunitas saham. Dan yang paling penting, serap dan banyaklah bertanya pada mereka yang berpengalaman.

Mulai dengan nominal kecil

Sebagai pemula dan merasa sudah menguasai semua ilmunya, jangan buru-buru untuk menginvestasikan dana dalam jumlah besar. Ada baiknya memulainya dengan nominal kecil. 

Memang, keuntungan yang didapat saat Anda menginvestasikan dana besar pada suatu saham, sebanding dengan keuntungannya. Namun, begitu juga sebaliknya. Anda bisa saja rugi besar jika salah melangkah.

Mengamati situasi ekonomi dan politik

Situasi ekonomi dan politik suatu negara seringnya menjadi pengaruh yang signifikan bagi harga saham. Karena itu, jadilah pengamat atas situasi di dalam negara. Karena bisa saja kebijakan politik dan ekonomi pemerintah, berdampak besar keuntungan atau kerugian Anda.

Biaya transaksi sekuritas kecil

Hal pertama yang dilakukan saat ingin melakukan investasi saham adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Setelah itu, Anda akan diminta melakukan top up sejumlah uang pada rekening tersebut. Dana yang ada di dalam rekening tersebut nantinya akan berubah menjadi e-money untuk melakukan pembelian dan penjualan saham.

Pada saat Anda melakukan pembelian dan penjualan saham, akan ada biaya yang harus dibayarkan pada sekuritas. Umumnya, biaya transaksi bernilai mulai 0,15% untuk pembelian saham. Sedang untuk penjualan saham, ada biaya sekuritas sampai mencapai 29%.

Tentu, nilai transaksi untuk setiap perusahaan berbeda-beda. Tergantung dari kebijakan perusahaan sekuritas masing-masing. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda melakukan survey terlebih dahulu akan berlabuh di perusahaan sekuritas mana.

Beli saham dengan indeks LQ45 atau IDX30

Rasa aman saat memulai investasi saham bisa Anda lakukan dengan membeli saham dengan indeks LQ45 atau IDX30. Kedua perusahaan ini biasanya memiliki latar belakang yang baik dan juga kuat.

Itu tadi beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda jika ingin investasi saham untuk pemula. Selamat mencoba dan semoga beruntung.